Family Support Group

Dukungan bagi Keluarga Korban Narkoba

Keluarga merupakan lingkungan pertama yang ikut merasakan dampak ketika salah satu anggotanya terlibat dalam masalah penyalahgunaan Narkoba/NAPZA.  Banyak keluarga  mengalami penderitaan baik fisik seperti  : kerugian finansial, kebangkrutan, kehancuran bisnis,  resiko penyakit, dll. maupun psikologis  seperti : luka batin, depresi, keretakan rumahtangga, hingga terjadi  perpecahan dalam keluarga. Oleh karena itu  baik penyalahguna  maupun keluarganya membutuhkan suatu terapi pemulihan atau rehabilitasi.

Family Support Group (FSG), adalah sebuah kelompok dengan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan dukungan bagi keluarga terutama dalam menghadapi salah satu anggotanya yang terlibat dalam masalah penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya).  Yayasan Sekar Mawar memfasilitasi kelompok ini untuk bertemu sebulan sekali, yaitu setiap hari Jumat minggu ke-2, bertempat di Aula JPKM Jl. Suryakencana 2 Bandung.

Didalam FSG, keluarga dan para peserta  lainnya dapat saling berbagi dan memberikan dukungan, berbagi pengetahuan (Family Education), berbagi cerita (Family Sharing), dan sekaligus sebagai bentuk terapi keluarga (Family Therapy). Selain keluarga, FSG sering dihadiri juga oleh para pakar seperti psikiater, psikolog, dokter, konselor adiksi, rohaniwan, dll. Mereka ikut memberikan penjelasan maupun dukungan bagi keluarga. Family Support Group ini bersifat terbuka untuk umum, siapapun  yang memiliki kepedulian terhadap masalah penyalahgunaan NAPZA  dapat ikut serta didalamnya.

Topik-topik  yang diangkat dalam FSG berisi seputar NAPZA dan cara-cara penanggulangannya, seperti : “Memahami Adiksi”, “Memahami  Program Pemulihan”, “Mengatasi Kekambuhan (Relapse)”, “Mengenali Trigger”, “Kodependensi Keluarga”, “Kematangan Emosi”, dlsb. Topik-topik tersebut juga sangat penting  untuk diketahui  masyarakat, agar mereka dapat memahami, mengerti cara mengatasinya, serta dapat ikut terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan pencegahan. Masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang NAPZA akan terhindar dari masalah penyalahgunaan yang sangat merugikan baik individu, keluarga, maupun masyarakat di sekitarnya.

Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam pemulihan adiksi. Keluarga yang kuat akan sangat mendukung proses pemulihan, sebaliknya bila keluarga lemah, maka pemulihan akan berjalan setengah-setengah, sehingga mudah jatuh lagi dalam masalah yang sama (relapse).  Family Support Group diharapkan dapat mendorong keluarga untuk  menjadi “pendamping pemulihan” atau recovery partner yang baik bagi para penyalahguna  narkoba.

Yayasan Sekar Mawar – Keuskupan Bandung
Pusat Rehabilitasi NAPZA, Pencegahan, & Pendampingan Keluarga
Hotline : 0812 145 222 55

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *