STEP 1 NARCOTIC ANONYMOUS

Ada pepatah mengatakan “A thousand miles begis with one step”. Narcotics Anonymous (NA) merupakan salah satu metoda yang dipakai untuk mengatasi kecanduan narkotika melalui tahapan 12 langkah pemulihan.

Step 1 : Kita mengakui bahwa kita tidak berdaya terhadap adiksi, sehingga hidup kita menjadi tidak terkendali.

KITA…

Kata “kita” menunjukkan bahwa NA merupakan program yang bebasis komunitas. NA adalah kelompok orang yang mempunyai masalah yang sama yaitu “kecanduan” untuk secara bersama-sama pula menjalani sebuah pemulihan.

MENGAKUI

Mengakui berarti kita menghilangkan segala bentuk PENYANGKALAN (denial) dan memunculkan sikap kejujuran.

Salah satu ciri penyakit adiksi adalah adanya penyangkalan. Kita menyangkal tentang pemakaian narkoba kita, kita menyangkal bahwa kita adalah orang yang bermasalah. Penyangkalan adalah sebuah topeng yang menutupi jati diri kita yang sesungguhnya. Kejujuran adalah modal awal untuk dapat mengatasi kecanduan kita.

TIDAK BERDAYA

Tidak berdaya berarti tidak memiliki kekuatan untuk mengatasi permasalahan kita tersebut. Mengakui ketidakberdayaan berarti memunculkan sikap menyerah/pasrah (surrender). Kita harus mengakui bahwa  narkoba  telah  mengendalikan hidup kita. Kita tidak bisa mengatasi keinginan untuk memakai narkoba, sehingga seringkali menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya.

TIDAK TERKENDALI

Tidak terkendali bisa dikatakan sebagai “liar”, yaitu suatu kondisi yang mengakibatkan hidup kita menjadi berantakan. Semua itu terjadi akibat dari kecanduan kita terhadap narkoba. Banyak hal terjadi seperti :Kehilangan pekerjaan, dipenjara atau tertangkap polisi, dikucilkan keluarga & teman, makan & tidur yang tidak teratur, hilangnya rasa percaya diri, kehilangan kepercayaan dari orang lain, dll.

Step 1 mengajak kita untuk mau “BERSERAH DIRI”,  secara  jujur dan terbuka mengakui segala kelemahan & ketidakberdayaan kita. Berserah diri juga membutuhkan sikap rendah hati,  menghilangkan segala penyangkalan, dan kesombongan diri. Inilah yang menjadi langkah awal atau dasar dari langkah-langkah berikutnya untuk melakukan suatu perubahan terutama dalam mengatasi adiksi kita.  (@TC-YSM)

Spirit/Value : Honesty, Openmind, Willingness.  

One thought on “STEP 1 NARCOTIC ANONYMOUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *