Adiksi Narkoba, Apa yang harus Dilakukan ?

Apa yang harus dilakukan ketika menghadapi seseorang yang diduga bermasalah dengan adiksi narkoba ? Pertama-tama dan yang penting untuk dilakukan adalah, melakukan pendekatan dan membuka komunikasi dengannya. Hal ini tentu tidak mudah, ada kalanya orang tersebut menyangkal atau tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Namun yang harus kita usahakan adalah membuat dia menyadari atau mengakui bahwa hidupnya bermasalah dan membutuhkan pemulihan.

Pendekatan lain yang dapat dilakukan adalah dengan melalui kelompok pendukung yang terdiri dari teman dan keluarga. Mereka dapat ikut mengintervensi dan membuat konfrontasi. Namun perlu diingat juga bahwa intervensi harus direncanakan dengan baik dan konfrontasi sebaiknya dilakukan oleh orang yang dipercaya & dihormati serta memiliki otoritas tertentu.

Tujuan utama dari ini semua adalah membuat dia memahami bahwa anda mencintai dan peduli terhadap kesejahteraannya.

Jika pendekatan intervensi ini gagal, dan dia tetap menolak untuk diberi pertolongan, maka pasangan atau orangtua juga dapat menggunakan ‘ultimatum’ sebagai cara agar orang tersebut dapat masuk kedalam treatment. Hal ini dapat dipakai sebagai jalan untuk dapat mengatasi masalah adiksi serta dapat menyelamatkan hidupnya.

Yang harus Dihindari

Jika anda menghadapi seseorang yang bermasalah dengan adiksi narkoba, sebaiknya menghindari hal-hal berikut ini :

  1. Mengabaikan masalah & tanda-tanda peringatan

Jika anda tidak segera mengambil langkah-langkah yang tepat jangan berharap masalah ini akan selesai dengan sendirinya. Adiksi narkoba adalah masalah serius yang harus ditangani secara benar. Mengabaikannya dapat menjadi ‘bom waktu’ bagi dia maupun bagi orang-orang di sekitarnya. Semakin lama dia terjerumus dalam masalah narkoba,  dampaknya akan menjadi lebih kompleks, mengatasinya juga menjadi lebih lebih sulit, serta membutuhkan penanganan dari profesional.

  1. Pendekatan yang bersifat menyerang

Pendekatan yang dilakukan sebaiknya menghindari model yang membuatnya merasa diserang atau dihakimi. Hal ini dapat menyebabkan dia bersikap defensif dan semakin mengasingkan diri. Sikap yang baik adalah menunjukkan bahwa anda mendukung & bersedia untuk membantunya.

Treatment apa yang Terbaik ?

Tidak ada satu jenis treatment paling baik yang berlaku bagi semua orang. Masing-masing orang memiliki rencana terapi yang bersifat unik. Program treatmen di Panti Rehabilitasi adalah jenis treatmen yang paling sesuai, namun disini keluarga harus benar-benar mengetahui modalitas treatmen apa yang dipakai dalam Rehabilitasi tersebut.

Di Indonesia ini ada berbagai macam jenis terapi yang dipakai untuk mengatasi masalah kecanduan narkoba. Treatmen yang baik adalah yang sesuai dengan kebutuhan klien dan bersifat holistik. Rehabilitasi rawat inap adalah pilihan yang baik, karena selama jangka waktu tertentu mereka dipisakan dari lingkungan negatif dan bergabung dengan komunitas positif yang saling membantu dan membangun satu sama lain.

Dalam Rehabilitasi, masing-masing klien dapat memiliki rencana terapi (treatment plan) secara individu yang kemudian dilengkapi dengan berbagai sesi terapi kelompok, edukasi, terapi kecanduan narkoba, konseling keluarga, serta pencegahan relapse. Semuanya itu diberikan agar mereka dapat terbebas dari kecanduan narkoba serta memiliki gaya hidup baru yang lebih sehat.

Inspirasi dari artikel berjudul “How to Tell if Family Member is Addicted to Drugs

Yayasan Sekar Mawar – Bandung

Pusat Rehabilitasi & Pencegahan NAPZA
Kontak Info 0812 145 222 55

Baca sebelumnya : “Tanda-tanda Kecanduan Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *