Tanda-tanda Kecanduan Narkoba

 

Apa tanda-tandanya bila seseorang telah terpapar dengan masalah Narkoba ?  Itulah pertanyaan yang sering muncul ketika masyarakat mendapatkan edukasi tentang bahaya Narkoba atau NAPZA.

Untuk mengenali apakah seseorang itu telah terpapar dengan Narkoba memang tidak mudah, apalagi jenis-jenis Narkoba yang beredar saat ini efeknya tidak selalu nampak dari penampilan luarnya. Banyak pemakai Narkoba justru memiliki penampilan yang rapi, bertubuh tegap, terlalu aktif bekerja, dsb. Singkat kata tidak mudah untuk mendeteksi seorang pemakai narkoba. Lalu bagaimana kita bisa mengenalinya ?

Berikut ini adalah sejumlah tanda yang bisa dipakai sebagai pedoman untuk mengetahui apakah seseorang itu bermasalah dengan kecanduan Narkoba atau tidak. Meskipun tanda-tanda ini bersifat tidak mutlak, namun keluarga atau orang-orang terdekatnya perlu untuk mewaspadai apabila mendapati  anggota keluarganya memiliki tanda-tanda berikut ini :

  1. Kecenderungan untuk menarik diri atau mengisolasi diri dari orang lain.

Salah satu tanda yang dapat terlihat dari seorang yang bermasalah dengan Narkoba adalah  menarik diri dari pergaulan, baik itu di dalam keluarga maupun di lingkungan tempat dia biasa beraktivitas.

  1. Mengalami depresi, kecemasan, atau kelesuan.

Salah satu efek dari narkoba adalah perubahan mood atau suasana hati. Jika mereka mulai depresi atau mengalami gangguan kecemasan, ada kemungkinan dia memiliki masalah dengan adiksi narkoba.

  1. Perubahan pola tidur.

Perubahan dalam pola tidur, seperti tidur di siang hari dan beraktivitas di malam hari. Ada kemungkinan  bahwa dia mengalami insomnia, yang sangat berkaitan erat dengan penyalahgunaan narkoba.

  1. Perubahan kebiasaan makan.

Terjadi perubahan dalam kebiasaan makan seperti kehilangan nafsu makan, atau sebaliknya nafsu makan meningkat.

  1. Perubahan berat badan.

Seorang yang bermasalah dengan adiksi narkoba sering mengalami penurunan berat badan yang berlebihan.

  1. Penurunan dalam perawatan diri.

Seorang yang bermasalah dengan adiksi NAPZA cenderung malas melakukan perawatan diri, tidak mempedulikan penampilannya di depan umum.

  1. Masalah dalam keuangan.

Seorang yang bermasalah dengan Narkoba biasanya memiliki masalah dalam hal keuangan, hal ini karena sebagian besar uangnya digunakan untuk membeli narkoba daripada untuk keperluan penting lainnya. Tidak jarang mereka memiliki hutang dan mengalami kesulitan dalam melunasinya.

  1. Perubahan perilaku.

Adanya perubahan perilaku yang membuat dia dikeluarkan dari sekolah, pekerjaan, atau perilaku tidak menaati komitmen atau melaksanakan kewajiban sosial lainnya.

  1. Kehilangan minat beraktivitas.

Kehilangan minat pada hobby, aktivitas, atau olahraga yang sebelumnya disukai dan dilakukan.

  1. Masalah dalam berelasi dengan orang lain.

Bermasalah dalam hubungan atau relasi dengan orang lain seperti konflik dengan keluarga, teman atau pacar, menjadi ciri dari orang yang bermasalah dengan narkoba.

Itulah tanda-tanda yang muncul dari seseorang yang bermasalah  dengan adiksi narkoba. Apabila anda menemukan satu atau beberapa dari tanda-tanda tersebut, maka anda perlu mewaspadainya. Sebaiknya segera lakukan langkah-langkah yang tepat, agar masalahnya tidak semakin membesar & sulit untuk diatasi.

 

Diambil dari artikel berjudul “Drug Addiction Warning Sign

Yayasan Sekar Mawar – Bandung

Pusat Rehabilitasi & Pencegahan NAPZA
Kontak Info 0812 145 222 55

–> Baca selanjutnya “Adiksi Narkoba, Apa yang harus dilakukan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *