Penyuluhan NAPZA di Paroki St. Gabriel Sumbersari

 

sumber-1Sie Keluarga bekerjasama dengan Sie Kepemudaan dan Sie Kesehatan Paroki St. Gabriel Sumbersari  Bandung mengadakan acara Sosialisasi Bahaya Narkoba (NAPZA) pada tanggal 18 April 2015. Acara ini diselenggarakan di Grha Gandarusa Jl. Sumber  Nanjung 18-1 Bandung. Acara ini mengambil tema “Say No To Drugs” dengan mengundang narasumber dari BNN yaitu Kombes Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto, MSi  dan team dari Yayasan Sekar Mawar Keuskupan Bandung. Sumirat Dwiyanto, yang saat ini menjadi Kepala BNN Provinsi Sulawesi Utara, memaparkan tentang  situasi penyalahgunaan Narkoba di Indonesia. Jaringan peredaran narkoba di Indonesia kian meresahkan masyarakat, sehingga tahun 2015 Indonesia dinyatakan sebagai Darurat Narkoba.

sumber-3Team dari YSM menjelaskan tentang persolan adiksi dan pemulihan. Korban penyalahgunaan NAPZA hendaknya dimasukkan ke Panti Rehabilitasi  karena disanalah tempat yang paling tepat untuk menjalani pemulihan dari kecanduan narkoba. Keluarga dan orang-orang terdekat diharapkan dapat memberikan dorongan/support  kepada anggotanya yang mempunyai masalah dengan adiksi.  Penanggulangan masalah NAPZA juga harus disertai dengan tindakan pencegahan. Masyarakat perlu  terlibat dalam usaha-usaha pencegahan  melalui  berbagai bentuk gerakan Antinarkoba.

sumber-5Pada sesi terakhir dilaksanakan ikrar dari seluruh peserta yang intinya mereka menolak segala bentuk  penyalahgunaan narkoba/NAPZA.

Anastasia C.

Yayasan Sekar Mawar – Keuskupan Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *