Narkoba Mengancam Kita !

paulus-7“Narkoba Mengancam Kita ! Apa yang dapat kita lakukan ?” demikian bunyi  tema yang diangkat dalam Seminar Keluarga yang diselenggarakan oleh Bidang Keluarga DPP Paroki St. Paulus Bandung. Seminar ini diselenggarakan pada tanggal 30 Mei 2015 bertempat di Gedung Pastoral Paroki St. Paulus, Jl. Moh. Toha 19 Bandung. Peserta dalam seminar ini adalah orangtua, guru, dan siswa remaja SMP. Seminar ini diselenggarakan dalam rangka mensosialisasikan dampak penyalahgunaan Narkoba serta cara-cara penanggulangannya, sekaligus sebagai upaya pencegahan agar tidak banyak orang terjerumus  kedalam masalah penyalahgunaan  Narkoba/NAPZA.

Pembicara dalam seminar ini adalah Pst. Dominikus Adi, Pr yang membahas tema “Narkoba Menurut Pandangan Gereja”. Peserta selanjutnya  dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Kelompok Dewasa dan  Kelompok Remaja. Pembicara dalam kelompok dewasa adalah : Bp. Yohanes dari BNNP yang membahas tentang Jenis-jenis NAPZA paulus-6serta dampaknya dan  Team dari Yayasan Sekar Mawar (YSM) yang membahas tentang Adiksi dan Peran Orangtua dalam Pencegahan. Kelompok remaja dibimbing oleh team dari YSM yang membahas tentang  sejumlah Fakta mengenai Narkoba, Jenis-jenis Narkoba dan efeknya, testimony dari mantan pemakai, serta  “Apa yang harus dilakukan remaja agar terhindar dari Narkoba”. Kelompok remaja juga dibagi dalam kelompok-kelompok yang masing-masing membuat poster berikut slogan Antinarkoba. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan sikap pada remaja agar dapat menolak segala bentuk penyalahgunaan Narkoba/NAPZA.

paulus-1Melihat realitas  yang terjadi saat ini sangatlah penting bagi semua pihak termasuk Paroki-paroki untuk dapat bersama-sama bergerak melalui aksi-aksi  guna mencegah meluasnya persoalan NAPZA di masyarakat. Yayasan Sekar Mawar senantiasa terbuka untuk menjalin kerjasama  dengan berbagai pihak  dalam melaksanakan kegiatan pemulihan maupun pencegahan penyalahgunaan NAPZA.

 

Anastasia C.

Yayasan Sekar Mawar – Keuskupan Bandung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *