Self-Change, Identity-Change

Pada tanggal 19 April 2013 telah berpulang salah satu staff YSM yaitu Rudi Raharja atau yang biasa dipanggil Cung Cung. Dia resmi menjadi staf sejak bulan Oktober 2012, sebelumnya dia adalah seorang resident di Panti Rehabilitasi YSM. Menengok kisah hidupnya membuat kita bisa mengerti bahwa ia adalah manusia biasa dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dalam sejarah hidupnya ia pernah melewati masa-masa gelap, hingga ia jatuh dalam jerat narkoba. Jalan hidupnyapun tak selalu mulus, banyak kejadian menimpanya hingga ia terpuruk. Namun keterpurukan itu tidak berlangsung selamanya, dalam lembar hidup manusia selalu ada titik-titik baliknya. Titik balik itu salah satunya ia jalani dengan mengikuti program pemulihan di Panti Rehabilitasi.

Di Panti Rehabilitasi ia masuk dalam suatu komunitas yang disebut Therapeutic Community (TC). Didalam komunitas itu ia dapat mengikuti program dengan baik, meski ada kendala yaitu kondisi fisik yang tidak begitu baik. Melalui program yang bermotto “Self Help Mutual Help” itu ia mulai belajar untuk :
– Mengerti dirinya sendiri
– Bertanggungjawab terhadap hidupnya
– Menerapkan perilaku, sikap, dan nilai dari cara hidup yang sehat

Ia menyelesaikan program pada bulan September 2012, setelah itu ia memiliki tugas dan tanggungjawab baru yaitu sebagai staff pendukung rumahtangga. Tugas baru ini merupakan tantangan baru baginya, ia mulai belajar mengatur pengadaan barang di Panti, membuat laporan, dan mengadministrasikannya dengan baik. Ia menjalaninya dengan senang hati, hal-hal kecil dan detail selalu ia perhatikan seperti membuat minum, merawat tanaman, belanja keperluan dapur, dll. Teman-teman resident-pun menjadi perhatiannya, ia sering menasehati bagaimana harus berperilaku/bersikap dan selalu mengingatkan tugas-tugas yang harus dikerjakan.

Sebagai seorang mantan addict ia telah mengalami perubahan individu (self-change) : ia menjaga fisik dan mentalnya, dapat mengontrol emosinya, mengatur dirinya, mengerti dan mau menerima kondisi dirinya. Ia juga mengalami perubahan identitas (identity-change) : menyadari perilaku lamanya, menyadari reaksi orang lain terhadap dirinya, memiliki rasa percaya diri dan tujuan hidup, pendek kata identitas yang lama telah ia tinggalkan dan berganti dengan identitas yang baru.

Salah satu ciri yang menonjol dari seorang yang telah mengalami perubahan individu adalah : ia dapat menegaskan bahwa dirinya adalah seorang mantan addict, bahwa dirinya berada dalam recovery, dan bahwa ia menyediakan diri untuk membantu teman-teman lain dalam mengatasi kecanduan. Rudi Raharja mengerti akan kondisi dirinya, dapat menerima kondisi dirinya, dan dengan segala keterbatasannya ia berusaha berbuat sesuatu untuk membantu orang lain. Seorang yang bisa keluar dari kepentingan dirinya sendiri dan kemudian memperhatikan kepentingan orang lain adalah suatu bentuk kematangan diri.

Dengan bentuk manusia baru seperti itu, maka ia sangat pantas untuk dijadikan Role Model bagi teman yang lain. Dia tidak hanya sekedar menaati aturan namun telah membuat suatu perubahan mendasar pada cara hidupnya dan itulah yang membuat orang-orang yang berada di sekitarnya merasa tersentuh dan sangat menghargai kehidupannya. Semoga dengan contoh hidupnya ini akan ada banyak lagi orang yang mau berubah, sehingga segala kepedihan hidup akibat perbuatan seseorang dapat tergantikan dengan senyuman bahagia bagi orang di sekitarnya. Selamat jalan Bro Cung….

Bandung, 25 April 2013
YSM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *