Kepercayaan Diri (2) : Cara Memperkuat Rasa Percaya Diri

Berikut ini adalah cara agar dapat mempunyai rasa percaya diri yang kuat :

  1. Merawat diri dan merasa nyamanlah dengan diri sendiri
  • Di dalam setiap orang akan terlihat gambaran mengenai dirinya, bagaimana perilakunya, dengan siapa dia berteman dan apa yang dia hindari. Dunia ini merupakan gambaran dari diri kita. Langkah pertama dalam memperkuat rasa percaya diri adalah selalu berpikir dan merasa nyaman dengan diri sendiri.
  • Jika kita mengerjakan sesuatu dengan benar, berikan tepukan di punggung sendiri. Nyatakan penilaian kita. Pikiran itu semacam tanaman yang rapuh, yang membutuhkan perawatan. Jika kita telah mencapai sesuatu, ceritakanlah kepada keluarga atau teman.
  1. Jangan biarkan diri ini tertekan
  • Setiap perbuatan itu muncul dari cara kita memandang diri sendiri. Jika kita memandang diri sebagai seorang yang tidak bisa berdiri di depan penonton, maka akhirnya kita tidak jadi datang ke suatu pertemuan. Orang tersebut akan menghindari acara seperti itu dan menyimpulkan bahwa dirinya adalah seorang yang pemalu.

Oleh karena itu hindari pernyataan seperti :

  • “Aku tidak begitu cerdas.”
  • “Aku tidak pandai berbicara dengan orang lain.”
  1. Kenali hal-hal yang baik pada orang lain dan ungkapkan dengan tulus penghargaan kita

Salah satu cara untuk membuat merasa nyaman dengan diri sendiri adalah mengenali hal-hal yang baik pada orang lain. Jika kita menemukan sesuatu yang bagus pada orang lain, berikan penghargaan kita. Penghargaan itu dapat berbentuk kata-kata atau ekspresi wajah (senyum) atau tindakan (tepukan), atau kombinasi darinya.

  1. Pujian itu adalah hal yang positif

Memuji dapat membantu dalam memperkuat percaya diri baik dari sisi pemberi maupun penerimanya. Akan lebih baik jika kita berusaha mengenal hal baik dalam diri orang lain dan berikan penghargaan kita secara terbuka.

Paparkan dan buat setiap pujian memiliki arti, misalnya :  Jika kita menemukan makanan yang enak, secara terbuka berikan pujian pada ibu kita, jika kita mendapati anak berpakaian rapi, katakan padanya bahwa dia kelihatan bagus, jika saudara kita berprestasi dalam olahraga, jangan ragu untuk memujinya.

  1. Terima Pujian dengan rasa syukur

Jika seseorang memberi pujian, kita harus siap dan menerima dengan penuh kelegaan. Mereka yang dapat mengenali kebaikan kita merupakan sebuah penghargaan yang tak ternilai yang diberikan kepada kita. Jika pujian itu ditolak, maka pemberi akan merasa sakit hati dan orang itu tidak akan memberikannya lagi dimasa mendatang.

  1. Menolak sesuatu yang negatif dan tidak mendasar/beralasan seperti :
  • “Kamu tidak berguna “
  • “Kamu tidak dapat mengerjakan apapun dengan benar.”

Pernyataan semacam itu sering terlontar, semuanya tak terarah, suatu pernyataan yang bernada negatif.Hal itu tidak berdasar pada suatu kenyataan dan kita berhak untuk menolaknya.

  1. Kerjakan langkah-langkah berikut, dan nikmati kehidupan yang lebih cerah dan membahagiakan :
  • Selalu berpikir positif pada diri sendiri
  • Pujilah orang secara spontan dan nikmati perasaan yang hangat
  • Terimalah pujian dengan penuh percaya diri dan rasa syukur
  • Abaikan sesuatu yang negatif yang tidak beralasan, jaga keseimbangan dan tetap merasa nyaman.

 

Terjemahan dari artikel  “Self Esteem”

Yayasan Sekar Mawar

Drug Rehabilitation Center – Therapeutic Community

Juli 2012

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *