Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba (2)

Langkah-langkah untuk keluar dari situasi ‘kecanduan’ menuju pada suatu pemulihan (recovery)  adalah :

  1. Pelajari Cara Sehat untuk Mengatasi Stress/Tekanan

Meskipun telah selesai menjalani pemulihan, bukan berarti telah selesai semuanya, berbagai persoalan hidup yang melatarbelakangi pemakaian narkoba masih harus dihadapi dan persoalan ini juga harus diatasi. Untuk itu kita harus mempelajari cara yang efektif untuk mengurangi stres.

Membebaskan Stres Tanpa Narkoba

Penyalahgunaan Narkoba dapat juga dikatakan sebagai usaha yang salah dalam mengatasi stress. Banyak orang memakai narkoba atau alkohol untuk melarikan diri dan untuk relaksasi setelah mengalami hari-hari yang penuh tekanan, atau bisa juga untuk menutupi sakit hati dan emosi yang menyebabkan dia merasa tertekan dan tidak seimbang. Ada cara-cara yang lebih sehat untuk mengendalikan tingkat stress, antara lain dengan latihan, meditasi, strategi rileks dengan menggunakan pancaindera, latihan pernapasan, dan tantangan menaklukkan pikiran.

Strategi Cepat Membebaskan Diri dari Stres tanpa Narkoba

Kita tidak boleh berpikir bahwa narkoba adalah satu-satunya cara untuk mengatasi perasaan tidak menyenangkan. Kita mestinya bisa belajar melampaui kesulitan tanpa jatuh lagi kedalam masalah narkoba. Strategi membebaskan diri dari stres dengan cepat pada masing-masing orang berbeda. Kuncinya adalah menemukan yang terbaik untuk diri sendiri dan cara itu dapat menolong menenangkan diri pada saat merasa tertekan dan merasa tenggelam. Jika kita yakin bahwa kita mampu keluar dari stres, maka dalam menghadapi tekanan yang kuat, kita tidak akan merasa terintimidasi atau tenggelam.

  • Latihan melepaskan hormon endorphins, hilangkan stres, dan tonjolkan perasaan ingin menjadi sehat. Cobalah berlari di tempat, loncat tinggi, atau berjalan-jalan di sekitar rumah.
  • Keluarlah dan berjemur dibawah hangatnya sinar matahari serta udara segar. Nikmati pemandangan atau lanskap yang indah.
  • Sangat baik bila kita bisa yoga atau meditasi, karena dengan itu kita bisa menghilangkan stres dan mendapatkan keseimbangan.
  • Mainlah dengan anjing atau kucing, nikmati suasana relaks dengan hewan piaraan.
  • Mainkan beberapa musik yang lembut
  • Nyalakan lilin aroma terapi
  • Hirup kesegaran bunga atau biji kopi, atau aroma lain yang mengingatkanmu pada liburan yang paling menyenangkan.
  • Tutup mata dan bayangkan tempat yang tenang, seperti pantai berpasir. Atau bayangkan kenangan indah seperti saat anak belajar berjalan, atau saat bertemu dengan teman.
  • Buat secangkir teh panas
  • Lihat foto keluarga yang paling disukai
  • Berikan pijatan sendiri pada leher atau pundak
  • Berendamlah di air panas atau mandi shower
  1. Hindari Pencetus/triger & Kendalikan Keinginan Memakai Narkoba

Saat  tubuh sudah terbebas dari narkoba adalah tahap awal yang penting, tetapi hal itu hanya permulaan dari proses recovery. Sekali bersih, maka otak memerlukan waktu untuk pemulihan dan membangun kembali saluran yang berubah karena kecanduan. Selama waktu ini, keinginan untuk memakai obat bisa sangat intens. Kita dapat mempertahankan kondisi bersih dari narkoba dengan cara menghindari orang, tempat, atau situasi yang dapat menjadi pemicu untuk memakainya lagi.

  • Putuskan hubungan dengan teman lama. Jangan membuat kesalahan dengan berkumpul bersama teman lama yang masih menggunakan narkoba. Tempatkan dirimu disekitar orang yang mendukung kesembuhanmu, bukan yang menangtangmu untuk kembali ke kebiasaan lama.
  • Hindari bar dan klub, meskipun tidak punya masalah dengan alkohol, janganlah minum sedikitpun karena dapat membuatmu relapse Narkoba sering mudah didapat dan godaan untuk memakainya sangat tinggi. Hindari lingkungan atau situasi lain yang berhubungan dengan penggunaan narkoba.
  • Utamakan riwayat penggunaan obatmu ketika mencari penyembuhan secara medis. Carilah tenaga medis yang dapat bekerja denganmu, baik dalam memberikan resep alternatif atau pengobatan absolut minimum yang diperlukan. Kamu tidak perlu merasa malu atau rendah diri dalam mengemukakan riwayat penggunaan obat sebelumnya atau merasa ditolak dalam pengobatan, jika itu terjadi, carilah tempat yang lain.
  • Berhati-hatilah dengan resep obat. Hindari resep obat yang berpotensi untuk disalahgunakan, gunakan obat jika benar-benar perlu atau dalam kondisi yang benar-benar ekstrem. Obat yang berpotensi disalahgunakan antara lain obat penghilang rasa sakit, obat tidur, dan obat penenang.

Cara mengatasi kecanduan

Kadang-kadang keinginan untuk memakai itu tidak dapat diabaikan, kita perlu mencari cara untuk mengatasinya, antara lain :

  • Terlibatlah dalam kegiatan yang bisa mengalihkan keinginan memakai narkoba.

Membaca, mengerjakan hoby, nonton film, latihan OR (joging, sepeda) adalah contoh bagus dari pengalihan perhatian. Sekali kamu tertarik pada sesuatu yang lain, maka keinginan memakai akan sirna dengan sendirinya. Cara lain untuk mengatasi keinginan memakai obat adalah makan (tetapi hati-hati dengan apa yang dimakan, bila tidak berkualitas hanya akan menambah stres dan memperpanjang masalah)

Bicarakan dengan teman atau anggota keluarga tentang munculnya keinginan memakai. Pembicaraan ini sangat membantu menemukan sumber keinginan tsb. Membicarakan tentang keinginan memakai itu sering membantu untuk keluar dan membebaskan perasaan dan akan membantu mengembalikan kejujuran dalam interaksi dengan sekitarnya. Keinginan untuk memakai itu adalah hal yang wajar.

  • Keinginan yang besar (Urge surf.)

Banyak orang mencoba untuk menanggulangi keinginan yang besar dengan menggertakkan gigi dan melepaskannya. Tetapi ada yang terlalu kuat untuk diabaikan. Jika hal ini terjadi, ada baiknya membiarkannya sampai hal itu berlalu dengan sendirinya. Teknik ini disebut Urge Surfing. Bayangkan dirimu sebagai peselancar yang akan mengendalikan ombak dalam keinginan memakai obatmu. Bertahanlah terus sampai hal itu memuncak, patah, dan berubah menjadi lemah, foamy surf.

  • Tantang dan ubah pikiranmu

Jika sedang mengalami kecanduan, orang cenderung mengingat efek positifnya saja dan lupa akan efek negatifnya. Oleh karena itu ada baiknya mengingatkan diri sendiri bahwa kita tidak akan merasa lebih baik jika memakai narkoba dan akan berada dalam posisi kehilangan banyak. Bila kita mengingat akibat buruknya, maka ini akan sangat membantu, susunlah daftar untung dan ruginya dalam kartu kecil yang bisa sering dibawa.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *