Tahapan dalam Program Therapeutic Community (Bagian III)

Meditasi-1Tahapan  dalam Program TC :

1) Induction

Tahap ini berlangsung pada sekitar 30 hari pertama saat residen mulai masuk. Tahap ini merupakan masa persiapan ke tahap Primary yang meliputi : penilaian dan orientasi program TC, penegasan latar belakang dan keinginan resident, kecocokan, penyesuaian dalam komunitas, dan partisipasi harian.

 2) Primary

Tahap ini difokuskan pada perkembangan sosial dan psikologis residen. Dalam tahap ini residen diharapkan dapat melakukan sosialisasi, mengalami pengembangan diri, serta meningkatkan kepekaan psikologis dengan melakukan berbagai aktivitas dan sesi teraputik yang telah ditetapkan. Dilaksanakan selama kurang lebih 6 sampai dengan 9 bulan. Primary

terbagi dalam beberapa tahap, yaitu:

  • Younger member
  • Middle member
  • Older member

 3) Re-entry

Re-entry merupakan program lanjutan setelah Primary. Program Re-entry memiliki tujuan untuk memfasilitasi residen agar dapat bersosialisasi dengan kehidupan luar setelah menjalani perawatan di Primary. Tahap ini dilaksanakan selama maksimal 6 bulan.

 4) Aftercare

Program yang ditujukan bagi eks-residen/alumni. Program ini dilaksanakan di luar panti dan diikuti oleh semua angkatan di bawah supervisi dari staf re-entry. Tempat pelaksanaan disepakati bersama.

Dengan budaya TC seperti di atas, maka diharapkan pelaksanaan program benar-benar dijalankan oleh residen. Residen sebagai objek dan subjek yang menjalankan treatment. Program disusun untuk membuat residen terlibat secara penuh dalam setiap kegiatan, sesuai dengan job function-nya masing-masing. Kedudukan petugas hanya sebagai pengawas, yang mengawasi jalannya program.

–> Baca selanjutnya : Filosofi Therapeutic Community (Bagian IV)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *